Bagaimana Cara menjual Produk Digital secara Online

Andin Larasati

Ingin Menjual Produk Digital secara Online? Pelajari disini, semua informasi yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis produk digital dan mengembangkan merek online Anda.

Produk digital telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita, dan dapat disimpan di handphone, tablet maupun PC.

Contoh umum dari produk digital adalah kursus online yang dibuat tentang topik tertentu. Yang Anda butuhkan untuk menjual produk digital adalah HP, PC atau laptop, riset pasar yang lengkap, dan platform online.

Membuat website online shop saat ini cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan keterampilan pemrograman seperti sebelumnya. Anda dapat mulai menjual produk digital secara online melalui marketplace pihak ketiga atau membuat website online shop Anda sendiri yang dengan mudah dapat Anda lakukan dengan mengikuti banyaknya tutorial di Youtube.

Untuk menarik perhatian Anda, patut dicatat bahwa para pebisnis cenderung memulai bisnis online dengan tujuan menjual produk digital karena produk intangible (bukan produk fisik) ini dapat menghasilkan uang dan hemat biaya dalam pembuatannya.

Hal yang membuat penjualan produk digital menguntungkan adalah banyaknya orang yang ingin memiliki produk digital pada smartphone atau tablet mereka.

Apa itu Produk Digital?

Produk digital adalah aset yang tidak berwujud, tetapi dapat disimpan di perangkat digital dan smartphone Anda. Produk digital tidak berbentuk fisik, sehingga kita bisa membawanya ke mana saja.

Misalnya, sebuah file PDF yang terdiri dari ratusan halaman hanya membutuhkan beberapa detik untuk disalin ke kartu memori Anda dan mulai dibaca di mana saja. Produk digital telah menjadi populer sejak kedatangan smartphone. Jadi, sebagai pebisnis, Anda memiliki kesempatan untuk memulai dan membuat merek Anda untuk dijual sebagai produk digital.

4 Langkah untuk Menjual Produk Digital secara Online

Namun, apa yang harus Anda jual dan bagaimana cara membuatnya adalah pertanyaan mendasar yang akan kami jawab dalam artikel ini.

1. Temukan atau buat produk digital

Tetapkan tujuan Anda pada langkah pertama dan temukan semua produk yang dapat Anda jual secara online. Jadi, Anda tidak perlu menciptakan hal baru dan membuang waktu: Lakukan riset pasar yang tepat untuk memahami produk apa yang sedang tren. Produk yang paling menguntungkan termasuk podcast, trek musik, seni grafis, kursus, dan ebook.

2. Buat toko online

Ingat bahwa Anda ingin toko online untuk mempresentasikan dan menjual produk digital. Anda harus membuatnya dari awal atau Anda tidak perlu memiliki toko online pada awalnya, namun cukup dengan berjualan di platform marketplace produk digital yang paling populer.

3. Tawarkan opsi pengiriman yang mudah

Sebagai pebisnis, Anda dapat menawarkan banyak opsi kepada pelanggan Anda untuk membuat proses lebih mudah dan cepat. Jadi, Anda dapat menyediakan aplikasi seluler yang meningkatkan pengalaman pelanggan, membangun merek yang lebih kuat, dan menciptakan proses yang mudah untuk memberikan layanan dan menjual produk digital.

4. Memiliki strategi pemasaran yang unik

Pemasaran adalah prioritas untuk menjual produk digital dan program perangkat lunak. Anda dapat menentukan rencana pemasaran yang baik dan mulai menggunakan beberapa platform pemasaran, seperti media sosial.

Apa Kerugian dari Produk Fisik Dibandingkan dengan Menjual Produk Digital?

Dari sudut pandang yang lebih tinggi, produk fisik memiliki biaya produksi yang lebih besar. Saat ini, produk fisik masih menjadi unggulan dari sebagian besar marketplace di Indonesia, tetapi ada permintaan yang semakin meningkat untuk produk digital di beberapa marketplace yang ada.

Meskipun ada permintaan besar untuk membeli produk fisik, Anda perlu melakukan banyak upaya untuk memulai bisnis produk fisik. Dalam hal ini, ada biaya pengiriman dan penanganan, waktu pengiriman dan biaya tambahan pada saat produksi juga harus dipertimbangkan.

Selain itu, produk fisik memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan, lebih banyak staf untuk mengelola, dan lebih banyak saingan dan butuh waktu untuk mencapai kesuksesan.

Lebih penting lagi, praktek perang harga yang terjadi di marketplace adalah hal lumrah yang harus di hadapi oleh pebisnis yang ingin berjualan produk fisik. Menaikkan atau menurunkan harga akan terasa sulit untuk dihadapi jika Anda ingin memulai bisnis semacam itu.

Menjual produk digital secara online terbukti menguntungkan karena beberapa alasan

1. Biaya overhead rendah

Menyimpan, menjual, dan mengirim produk fisik jauh lebih mahal daripada produk digital. Anda dapat menghemat biaya overhead ini secara signifikan saat membuat bisnis online. Anda dapat menghemat ruang di rumah Anda, maupun menghemat sewa bulanan.

2. Margin keuntungan tinggi

Dengan mulai menjual produk digital, Anda tidak perlu mengelola inventaris dan dapat menghindari biaya yang tidak perlu. Jadi, ada potensi untuk memperoleh margin keuntungan yang tinggi.

3. Fleksibilitas

Mengelola bisnis penjualan produk digital bisa menjadi menarik karena ada kesempatan untuk mengubah, memodifikasi, atau meningkatkan produk kapan saja. Pikirkan tentang produk digital Anda dan pengembangan apa saja yang perlu dilakukan, sehingga Anda dapat menambahkan fitur dan rencana harga baru kapan saja.

4. Skalabilitas

Memperluas bisnis sama mudahnya seperti mengucapkan ABC saat menjalankan bisnis penjualan produk digital. Melalui Marketplace atau website toko online, Anda dapat menawarkan 10 produk digital setiap hari atau hingga ribuan produk. Jadi, tidak banyak usaha yang diperlukan untuk memperbesar bisnis Anda.

5. Otomatisasi

Anda dapat mengotomatisasi alur kerja bisnis untuk menjual produk digital secara online dan fokus pada pertumbuhan bisnis dan kualitas produk.

6. Efisiensi Waktu

Ada kesempatan besar untuk menghemat waktu dengan bantuan otomatisasi dalam bisnis online. Dengan menjual produk digitial, dapat membantu Anda menghilangkan upaya pengelolaan produk fisik yang memberi Anda alur kerja yang lebih efisien.

7. Permintaan tinggi

Seiring transformasi digital semakin berkembang, ada lebih banyak pengguna yang ingin membeli dan mengonsumsi produk digital. Dengan kata lain, permintaan pasar untuk produk digital mengalami peningkatan yang signifikan dan diharapkan akan terus meningkat. Ukuran pasar e-learning global akan mencapai $374,3 miliar pada tahun 2026.

Batasan dan tantangan yang mungkin akan dihadapi saat menjual Produk Digital

1. Konten Gratis

Membuat konten yang unik dan bermakna adalah faktor paling penting dari produk digital. Banyak penyedia konten bajakan yang dibagikan dengan gratis tersedia di internet, sehingga walaupun nantinya produk digital Anda kena bajak, Anda tetap memiliki ide untuk menghadapi tantangan ini, beberapa cara bisa dengan membuat versi pembaruan dari produk yang dibajak.

Anda harus inovatif dalam menawarkan konten atau produk digital berkualitas tinggi dan sesuai dengan permintaan pengguna.

2. Lisensi

Lisensi sangat penting untuk melindungi produk Anda. Ada risiko pelanggaran hak cipta, sehingga Anda harus mengambil beberapa langkah untuk melindungi produk Anda.

3. Kompetisi

Bisnis online memiliki banyak pesaing, yang tidak dapat dihindari. Sebagai pebisnis yang menjual produk digital, Anda dapat mengatasi pesaing dengan menawarkan produk yang mungkin lebih baik, harga yang lebih kompetitif, dan produk berkualitas tinggi.

Perlu diingat bahwa semua tantangan ini memiliki solusi, dan dapat diatasi seiring waktu.

10 Produk Digital Terbaik untuk Dijual secara Online

Anda beruntung memiliki beragam produk digital yang dapat dijual dan dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Berikut ini adalah jenis produk yang paling sukses yang dapat menjadi fokus Anda:

1. E-book

E-book hadir dalam berbagai format, dan mereka juga dapat dalam format audiobook. Jelas, konsumen suka menghabiskan uang mereka untuk membeli buku yang tersedia dalam format digital.

Menurut Statista, ada lebih dari 75 juta pembaca buku elektronik di Amerika Serikat, dan ukuran pasar mencapai $1,1 miliar pada tahun 2020.

Anda tidak perlu menjadi penulis profesional untuk membuat ebook yang laku. Anda hanya memerlukan usaha dan informasi yang baik tentang bidang tertentu. Kategori pendidikan dan hiburan adalah 2 jenis ebook dan audiobook digital yang menguntungkan dan dapat menghasilkan keuntungan.

Selain itu, panduan travelling, menulis panduan cara melakukan sesuatu, atau menjual kumpulan resep adalah ide bagus dan dapat menjadi titik awal bisnis digital Anda.

2. Kursus Online

Banyak platform online yang fokus pada membuat dan menawarkan kursus online berkualitas tinggi. Sebagai instruktur, Anda dapat mendaftar ke platform tersebut dan membuat kursus yang unik tentang subjek tertentu.

Jika Anda ingin mendirikan platform Anda sendiri, anda harus menyiapkan dana untuk menyewa hosting dan mendaftarkan domain, dan merekrut seseorang yang mengerti coding untuk membuatkan platform kursus online yang Anda inginkan.

Orang selalu belajar keterampilan baru untuk alasan tertentu seperti kenaikan gaji atau pekerjaan yang lebih baik. Platform online menawarkan kursus yang efisien waktu dan memberikan hasil yang diinginkan melalui desktop, handphone, dan laptop. Kursus kebugaran, memasak, dan kewirausahaan bisnis sedang dicari dan laris terjual.

3. Seni Digital

Seni digital adalah keterampilan yang menguntungkan, dan para desainer grafis dapat memonetisasi keterampilan tersebut dengan mulai menjual produk digital secara online.

Apakah Anda menganggap diri Anda sebagai seniman dan desainer grafis? Jika ya, ada opsi yang terjangkau bagi Anda untuk memulai menjual produk digital. Pada saat ini, semua perusahaan dan startup baru membutuhkan desainer grafis untuk membuat logo, karya seni 3D, dan sebagainya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar ke beberapa platform berbagi karya seni, seperti ArtStation, Behance, atau Freepik. Saat ini, permintaan untuk membeli gambar background, logo, dan seni grafis lainnya dari konsumen sangat tinggi.

Seni digital adalah salah satu bisnis yang hemat biaya yang dapat Anda mulai hanya dengan menggunakan PC atau Laptop dan beberapa pengetahuan dalam menggunakan software seperti Photoshop, Coreldraw, Adobe Illustrator dan software lainnya.

4. Langganan, Akun Premium dan Beriklan

Membuka website dan bekerja sebagai blogger adalah jalur lain untuk menjual produk digital secara online. Dengan cara ini, website Anda menjadi produk yang Anda sediakan untuk pengguna yang dapat dijual sebagai langganan dan akun premium, maupun untuk beriklan di website Anda.

Platform seperti Medium atau Forbes bisa menjadi contoh terbaik dari bisnis semacam ini. Jenis bisnis ini membutuhkan konsistensi, upaya yang kuat, dan Anda membutuhkan waktu sekitar 1 atau 2 tahun untuk membangun website yang dapat menarik banyak pengunjung.

5. Membuat konten video

Banyak pengguna internet saat ini lebih suka memperoleh informasi melalui konten video, bahkan rela membayar untuk itu. Kegiatan membuat konten video adalah salah satu peluang pekerjaan yang sangat menguntungkan, dan Anda dapat memiliki bisnis sendiri dengan mendaftar di platform seperti YouTube.

Bagi Anda yang berminat untuk menyediakan konten video sesuai dengan bidang keahlianmu, jangan ragu untuk mendaftar di YouTube, karena platform ini menawarkan opsi unik bagi para produser konten untuk menghasilkan uang dan berkembang.

Perlu diingat bahwa 30 menit video konten dapat menghasilkan jutaan rupiah di platform tersebut, dan hal ini tergantung pada jumlah tayangan dan kualitas konten.

6. Menjual template

Menjual template adalah cara yang sangat mudah untuk menghasilkan uang secara online. Apabila Anda seorang desainer profesional atau ahli dalam menggunakan software untuk desain, Anda bisa menciptakan template CV yang menarik dan di jual di internet.

Apabila Anda mencari di Google, Anda akan menemukan banyak website template yang menyediakan pengguna dengan resume, CV, dan template PowerPoint. Template tidak hanya terbatas pada CV dan file PowerPoint, namun Anda bisa bekerja pada banyak sektor, termasuk postingan media sosial, kartu nama, dll.

Satu website berbagi template bisa menghasilkan lebih dari $100.000 setahun, tergantung pada jumlah pelanggan dan pengguna terdaftar di platform tersebut.

Website seperti Etsy, Shutterstock dan Jaringan dari Envato bisa Anda manfaatkan untuk menjual template buatan mu.

7. Software

software adalah produk digital yang paling menguntungkan yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen, dan saat ini software memiliki pasar yang sangat besar.

Tentu saja, ada begitu banyak jenis program software. Sebagai seorang pengembang, Anda bisa bekerja di berbagai bidang, termasuk Software as a Service, aplikasi mobile, atau program desktop.

Perlu diingat bahwa software mungkin lebih kompleks dibandingkan produk digital lainnya, dan Anda perlu menghabiskan waktu untuk menganalisa dan membuat produk terbaik yang laku di pasaran.

8. Font

Kini telah banyak tersedia software canggih yang dirancang untuk membuat font dan menawarkan berbagai set lengkap yang dapat Anda gunakan untuk membuat Font. Font diklasifikasikan sebagai produk digital terbaik untuk dijual secara online, dan memulai bisnis ini tidak membutuhkan banyak waktu dan uang.

Anda dapat membuat font untuk dijual platform online, atau membuat font untuk yang memesannya. Untuk memulai bisnis jenis ini, Anda dapat mendaftar ke platform yang paling populer seperti FontShop, Myfont, Adobe, Envato dan marketplace lainnya.

9. Musik

Menjual musik dan produk terkait musik secara online adalah cara lain untuk menjual produk digital. Jika Anda seorang musisi profesional atau ingin memasuki industri musik, ada banyak peluang untuk Anda. Ribuan peluang tersedia bagi produsen musik seiring meningkatnya permintaan pasar di kalangan pengguna dan pembuat film-film pendek, video konten dan game.

Layanan streaming menyediakan platform unik untuk mempresentasikan dan menjual produk digitalmu. Cara lain untuk menjual keahlianmu adalah dengan menyediakan pelajaran bermusik dan kursus belajar bermain alat musik.

10. Fotografi

Fotografer berbakat atau penggemar fotografi juga dapat memulai menjual produk digital secara online dan menawarkan karya seni digital menarik mereka sebagai layanan. Jenis bisnis ini membutuhkan kamera profesional, dan Anda mungkin perlu mengikuti kursus untuk memulai pekerjaanmu.

Saat ini, fotografi merupakan posisi pekerjaan yang sangat dibutuhkan karena ada kebutuhan bagi bisnis dan perusahaan untuk mengakses konten gambar yang unik dan berkualitas tinggi.

Bagaimana Membuat Produk Digital?

Memilih Ide Terbaik dan Merencanakan Mudah untuk memulai menjual produk digital online, tetapi Anda harus menghabiskan waktu untuk membuat ide dan menciptakan produk digital eksklusif Anda sendiri.

Ada jalur yang jelas yang dapat diambil jika Anda ingin menciptakan ide yang brilian dan dapat dipasarkan.

1. Brainstorming

Brainstorming adalah teknik yang membantu Anda mengembangkan ide-ide yang dapat Anda kumpulkan. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu memiliki produk digital yang sempurna untuk memulai bisnis Anda. Anda dapat mengoptimalkan ide Anda seiring waktu dan menambahkan lebih banyak opsi untuk produk digital Anda di masa depan.

2. Riset

Riset pasar adalah tahap kritis dalam kesuksesan Anda, dan Anda memiliki berbagai macam pilihan untuk riset pasar. Platform penjualan produk digital seperti Amazon dapat menjadi cara terbaik untuk melakukan riset pasar dan mengetahui produk apa yang sedang dicari. Anda juga dapat merujuk ke grup Facebook, platform media sosial, atau ulasan teknologi untuk membuat rencana Anda dan memulai membuat produk digital.

3. Google Trends

Google menawarkan berbagai macam sarana pemasaran kepada pebisnis untuk melakukan riset pasar dan mengembangkan rencana yang dapat diandalkan. Google Trends dapat digunakan dengan gratis, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk memastikan ide Anda sedang dicari pada saat ini.

4. Buat produk digital Anda

Produk digital mencakup berbagai hiburan, pendidikan, atau software. Oleh karena itu, Anda harus mengambil beberapa langkah untuk menciptakan produk Anda sesuai dengan apa yang Anda bisa dan lakukan dengan praktik terbaik.

5. Daftarkan lisensi

Mendaftarkan produk digital Anda dan mendapatkan paten yang dapat diandalkan dapat membantu bisnis Anda berhasil. Hal ini akan mencegah pelanggaran hak cipta dan pembajakan serta melindungi produk digital Anda seperti software, buku PDF, atau musik ciptaan Anda.

6. Tawarkan produk digital Anda

Tahap terakhir melibatkan menawarkan produk online atau pada situs web pribadi. Anda dapat membuat toko online Anda menggunakan Shopify atau menggunakan platform marketplace produk digital untuk mulai menjual produk digital Anda.

Platform yang dapat di gunakan untuk menjual Produk Digital

Menjual produk digital bisa mengubah cara Anda memandang waktu dan bisnis Anda. Baik Anda seorang profesional yang ingin mengkonsolidasikan pengetahuan Anda menjadi produk digital atau Anda seorang kreator . Tidak pernah semudah saat ini untuk membuat, menerbitkan, dan menjual produk digital.

Berikut 12 platform terbaik untuk menjual produk digital Anda.

1. Gumroad

Gumroad adalah platform yang menawarkan fitur lengkap untuk menjual produk digital, baik dalam bentuk digital atau fisik. Selain itu, Gumroad juga menawarkan integrasi yang mudah dengan alat pemasaran seperti Mailchimp dan Zapier.

2. Podia

Podia adalah platform yang ideal untuk kreator digital seperti penulis dan pembuat video. Dengan Podia, Anda dapat membuat dan menjual kursus online, membership site, dan produk digital lainnya dengan mudah.

3. Sellfy

Sellfy adalah platform yang mudah digunakan untuk menjual produk digital, seperti e-book, video, musik, dan lain sebagainya. Selain itu, Sellfy juga menawarkan integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti Google Analytics dan Facebook Pixel.

4. Appsumo

Appsumo adalah platform yang menawarkan produk digital dengan harga diskon. Anda dapat menjual produk Anda di Appsumo dan mengakses audiens besar dari lebih dari 1,5 juta pengguna.

5. Shopify

Shopify adalah platform e-commerce yang terkenal dan mudah digunakan. Dengan Shopify, Anda dapat membuat toko online dan menjual produk fisik dan digital dengan mudah.

6. Kajabi

Kajabi adalah platform yang ideal untuk menjual produk digital seperti kursus online dan membership site. Selain itu, Kajabi juga menawarkan alat pemasaran email dan fitur manajemen pelanggan.

7. Teachable

Teachable adalah platform kursus online yang menawarkan fitur yang mudah digunakan untuk membuat dan menjual kursus online. Selain itu, Teachable juga menawarkan analisis yang kuat dan integrasi yang mudah dengan alat pemasaran.

8. Udemy

Udemy adalah platform kursus online yang terkenal dan populer. Anda dapat menjual kursus online Anda di Udemy dan mengakses audiens besar dari lebih dari 40 juta pengguna.

9. SamCart

SamCart adalah platform yang mudah digunakan untuk menjual produk digital. Dengan SamCart, Anda dapat membuat formulir checkout yang dikustomisasi dan mengintegrasikan dengan berbagai platform pemasaran.

10. Payhip

Payhip adalah platform yang memungkinkan Anda menjual produk digital Anda dengan mudah. Anda dapat membuat toko online Anda dan menjual produk digital seperti e-book dan musik dengan mudah.

11. Webflow

Webflow adalah platform yang memungkinkan Anda membuat website dengan mudah tanpa perlu coding. Dengan Webflow, Anda dapat membuat website untuk menjual produk digital dengan mudah dan cepat.

12. Etsy

Etsy adalah pasar online untuk menjual produk-produk unik dan handmade. Disini Anda juga dapat menjual produk digital seperti template dan desain grafis.

Menciptakan Produk Digital Terbaik Sesuai Dengan Tujuan Bisnis Anda

Menciptakan produk digital terlaris adalah masalah waktu, dan Anda harus konsisten untuk mencapai kesuksesan. Pertama-tama, Anda harus memilih sektor yang ingin Anda fokuskan, dan Anda memerlukan riset pasar yang baik untuk menciptakan produk digital Anda sesuai dengan permintaan pasar.

Terdapat banyak peluang di depan Anda jika Anda memilih untuk berinovasi dan menjual produk digital. Dengan sedikit kreativitas, Anda akan mendapatkan manfaat jangka panjang untuk membentuk bisnis yang menguntungkan.

Leave a Comment